Tuesday, July 21, 2015

Tips Agar Tidur Cepat dan Berkualitas

Hayooo ngaku siapa yang susah tidur ? Ahhhhh Itu aku banget. Tapi dulu, sekarang mah enggak. :p Bye,,bye susah tidurrrrr. (^^)

Baru akhir-akhir ini aku menjalani tips dari someone special of my life dan itu manjur banget. Dulu kalau belum jam 1 or 2 aku pasti nggak bisa tidur, malah kadang-kadang ampe jam 3 or 4 gitu baru bisa tidur. Pokoknya pola tidur aku jadi acak kadul banget deh. Aku uda coba merem-meremin tapi tetep aja nggak bisa tidur. Alhasil berimbas in the next day pas bangun tidur jadi merasa lelah dan bawaanya di kantor ngantuk mulu, nguap-nguap all the time karena kurang tidur. Kerja juga kadang bawaanya malas-malasan, BT sampai kadang ampe bad mood banget. Kadang-kadang meskipun aku uda tidur cukup 6-7 jam, badan masih aja berasa nggak fresh. Awal-awal masih bisa tahan dengan keadaan itu, tapi lama-lama benar-benar menyiksa, karena berpengaruh pada aktivitas aku.

Selain itu kurang tidur atau tidur larut malam juga bisa berakibat buruk bagi kesehatan dan kulit cenderung terlihat lebih tua.

Nah, disini aku mau berbagi tips yang sampai sekarang masih aku jalani agar kita bisa tidur cepat dan berkualitas. :)

1. Di tempat tidur sebelum jam 11

Sebelumnya aku suka banget yang namanya melek ampe tengah malam. Entah itu kerja, belajar atau melakukan aktivitas lainya. Aku betah banget stay di kantor ampe jam 11an gitu. Aku adalah tipe orang yang nggak bisa belajar atau kerja di rumah, karena buat aku rumah hanya buat istirahat dan tidur. No more work or study. Kalau jam 11 aku baru pulang ke rumah biasanya nyampe rumah kurang lebih jam setengah 12. Kemudian sampainya di rumah belum nanti beres-beres dulu, terus bersihin muka, gosok gigi dan lain-lain. Pokoknya ditempat tidur bisa jam setengah satuan or jam satuan. Nah, kebiasaan buruk aku itu sekarang uda aku buang jauh-jauh. Sebisa mungkin aku selalu uda ditempat tidur sebelum jam 11. Jadi disini aku belajar disiplin waktu pada diri aku sendiri. Kalau aku uda lihat jam dan uda jam 10 lebih, itu tandanya aku harus pulang kerumah. :) Sebisa mungkin aku harus bisa menyelesaikan pekerjaan atau jam belajar aku sebelum jam 10. Kalau kamu merasa waktu kamu kurang, coba koreksi pada dirimu sendiri, apakah kamu benar-benar memanfaatkan waktu kamu untuk focus ke pekerjaan or study or activitas lainya or menggunakan waktu kamu dengan baik ? Mungkin nggak si kalau kamu terlalu banyak bersantai hingga waktu yang kamu punya jadi terbuang sia-sia. :) Coba deh di koreksi. (^^) Sekarang meskipun dengan jam tidur yang lebih awal, aku masih tetap beraktivitas seperti dulu. So, pinter-pinter kita ngatur waktu aja disini. :) Aku aja bisa, kenapa kamu nggak. :p 





Kalau ada pertanyaan, kenapa sebelum jam 11 ? 

Jadi, kalau kamu baru bisa tidur 1 or 2 jam setelah di tempat tidur, seenggaknya jam 1an kamu sudah bisa tidur dan paling nggak badan kamu sudah beristirahat di hitung dari waktu kamu ditempat tidur.


2. Matikan lampu jam 11

Dulu waktu kecil aku juga tidur dengan lampu dimatikan, namun suatu hari aku mimpi buruk dan itu bikin aku sangat trauma. Semenjak saat itu aku selalu tidur dengan lampu menyala. Aku bisa tidur dengan lampu di matikan kalau tidur rame-rame aja. Kalau sendirian nggak berani, meskipun uda segede gini. >_< Trauma itu benar-benar nggak bisa hilang, meskipun uda coba ngelupain.  :( Tapi, karena ada motivasi dari seseorang akhirnya aku memberanikan untuk mematikan lampu saat tidur. Awalnya aku masih merasa takut dan nggak terbiasa, tapi aku harus melawan rasa ketakutan itu dan mencoba memberanikan diri. Perjuangan banget cuma mau tidur dengan lampu mati. hahaha So, beruntunglah kamu yang terbiasa tidur dengan lampu mati. :D 

Setelah aku baca-baca review dan dari beberapa sumber, aku baru tahu ternyata tidur dengan lampu menyala itu nggak bagus buat kesehatan. Hadewhhhh,, kemana aja Lisaaa... :D 

Tidur dengan lampu dimatikan juga berasa lebih adem dan nyaman ternyata. haha 

3. Jauhkan gadget dari tempat tidur

Aku salah satu orang yang nggak bisa jauh jauh dari gadget meskipun sebentar doank. Tangan tuh rasanya gimana gitu, pokoknya kayak ada yang kurang kalau nggak otak atik gadget. :D 

Setiap malam kalau mau tidur selalu mainan hp sampai ngantuk dan akhirnya ketiduran dengan hp yang masih tergenggam atau terletak disebelah kepala. Ini bad habit bangetttttt. Kalau ada notifikasi yang masuk langsung suka kebangun terus tanganya otomatis pegang hp. >_< Yang akhirnya itu sangat mengganggu kualitas tidur. 

Tapi, sekarang aku selalu meletakkan hp jauh dari tempat tidur aku, masih terjangkau dengan tangan aku si, tapi seenggaknya nggak aku taruh di tempat tidur. Sekarang aku batasin mainan hp selama 10-15 menit setelah lampu di matikan. Setelah itu hp aku taruh di tempat sebelah tempat tidur aku yang berjarak kurang lebih 1 meter. Lebih bagus lagi kalau kamu bisa turn off your phone. (^^) Serius HP itu benar-benar menjadi salah satu pengganggu tidur kita dan menyebabkan tidur kita jadi nggak berkualitas. :) 

Hanya dengan berdisiplin dan menjalani 3 hal di atas sekarang tidur aku benar-benar jadi berkualitas dan dampak positif yang aku dapat banyak banget. (^^)Pas bangun tidur pun yang tadinya malas-malasan, sekarang jadi lebih bersemangat. Dari badan yang tadinya suka berasa lemas sekarang jadi lebih fresh. :) Terus yang tadinya suka nguap-nguap sekarang jadi nggak. Kulit juga cenderung terlihat lebih segar kalau teman-teman. :D haha Jadi bisa berfikir dan lebih berkonsentrasi di kantor. 

Satu lagi, untuk mejaga berat badah tubuh tetap ideal dari pola tidur juga ngaruh lho teman-teman. (^^) 

Selamat mencoba tips dari pengalaman pribadi aku ya.



See you on my next post. :)






No comments: