Wednesday, November 8, 2017

Pengalaman Apply Visa Jepang untuk Visa Kunjungan Wisata

Yo, What's up !! Kalau sebelumnya aku pernah share Pengalaman Apply Visa Schengen di Kedutaan Belanda, sekarang aku mau share pengalaman Apply Visa Jepang di Kedutaan Jepang. 

Bikin Visa Jepang tak sesulit bikin Visa Schengen kok. :D Kalau Visa Jepang basically cuma butuh ticket pesawat pulang pergi. ^^ 


Nah, berikut dokumen-dokumen yang perlu dilengkapi dalam mengajukan permohonan visa :
  1. Paspor.
  2. Formulir permohonan visa. [download (PDF)] dan Pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 4,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram)
  3. Foto kopi KTP (Surat Keterangan Domisili)
  4. Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (hanya bila masih mahasiswa). Aku tidak perlu ngasih ini karena aku bukan mahasiswa.
  5. Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang)
  6. Jadwal Perjalanan [ download (DOC)] (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang). Untuk Itinerary nggak usah terlalu pusing bikinya. Aku bikin asal aja cuma daerah Tokyo. Terus untuk tempat tinggal aku booking di boooking.com yang free cancellation. Karena rencana aku di Tokyo stay di tempat temen aku. :)
  7. Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir, dlsb. (Bila pemohon lebih dari satu) Aku nggak melampirkan ini karena aku travel sendiri.
  8. Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan:
    Bila pihak Pemohon yang bertanggung jawab atas biaya
    * Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir (bila penanggung jawab biaya bukan pemohon seperti ayah/ibu, maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya). Untuk ini please di note nggak ada minimum tabungan ya. Karena memang tidak ada hal tertulis kalau isi tabungan kita minimum harus berapa seperti itu. Jadi cuma fotokopi buku tabungan dengan isi duit berapapun harusnya OK. Punya aku waktu itu ada isinya cuma 10 jutaan.

Perhatian:
*Dokumen harus disusun sesuai urutan No. 2 - 8 sebelum diserahkan di loket.
*
Bagi yang termasuk dalam kategori berikut, maka Pemohon maupun anggota keluarga (suami/istri dan anak) tidak perlu melampirkan bukti keuangan (tercantum pada nomor 8). (Bila diperlukan, dokumen tambahan akan diminta untuk melengkapi atau membuktikan hal tersebut).
  • 1. Pemohon adalah karyawan perusahaan yang terdaftar di Bursa Saham Indonesia.
  • 2. Pemohon adalah karyawan BUMN.
  • 3. Pemohon adalah karyawan dari perusahaan yang menjalin kerja sama dengan perusahaan di Jepang.
  • 4. Pemohon adalah karyawan dari perusahaan joint venture Indonesia - Jepang, atau anak perusahaan Jepang, atau cabang dari perusahaan Jepang.
  • 5. Pemohon adalah karyawan dari instansi pemerintah.
  • 6. Pemohon adalah budayawan/ seniman yang sudah go-international; atlit yang sudah diakui ; dekan, profesor, asisten profesor dari universitas; pimpinan museum, atau lembaga penelitian pemerintah maupun swasta.

Kebetulan aku termasuk bagian dari No.4, jadi sebenarnya aku nggak perlu ngasih dokumen yang no.8, tapi untuk berjaga-jaga aku kumpulin juga dokumen no.8.  Nah, karena aku masuk salah satu bagian dari no.4 maka aku melampirkan surat keterangan kerja yang menunjukkan aku bekerja di perusahaan join venture Indonesia-Jepang. :)

Dokumen sudah komplit, aku pun langsung ke Kedutaan Jepang ngantri dari jam 8 pagi untuk Apply Visa tersebut. 

Jadwal jam apply dan pengambilan di Kedutaan Jepang sbb :

Jadwal Apply Visa : Senin - Jumat, 8 am - 12 pm
Jadwal Pengambilan : Senin - Jumat, 1 pm - 3 pm

Proses Visa sampai jadi itu 4 hari kerja dari kita apply. Jadi kalau apply hari senin, hari kamis sudah bisa di ambil. 

Dan alhamdulilah karena semua dokumen lengkap Visa aku approved. (^^) Pokoknya asal dokumen yang dibutuhin lengkap sesuai yang tertulis di website mereka insaallah approve kok. 


Nah FYI, Apply Visa Jepang mulai 15 September 2017, proses pengajuan maupun pengambilan visa dilakukan di Japan Visa Application Center (JVAC) yang terletak di Lotte Shopping Avenue lantai 4 (samping Studio XXI). 
Untuk persyaratan dan lainnya, silahkan membaca website JVAC berikut: http://www.vfsglobal.com/japan/indonesia/







No comments: